Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Salah satunya adalah Kopi indonesia yang sudah terkenal khas dan menjadi daya tarik wisatawan  mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Sekarang ini indonesia menduduki urutan ke empat negara penghasil kopi terbaik di dunia.

Saya sangat bangga dengan prestasi ini. Walaupun sebenernya kita bisa menjadi yang terbaik di dunia,

Negara penghasil kopi terbaik di dunia yang pertama adalah Brazil disusul Vietnam dan Kolombia.

Ada dua jenis kopi yang kamu perlu ketahui, yakni arabika dan robusta. Perbedaannya terletak pada bentuk biji kopi. Arabika memiliki bentuk biji sedikit memanjang agak pipih dan ukurannya agak besar. Sedangkan robusta lebih bulat dan terlihat padat serta ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kopi arabika.

Indonesia juga memiliki beragam jenis biji kopi yang sangat beragam. Umumnya jenis kopi dengan aroma dan rasa yang sama. Hal ini karena dipengaruhi dari tanah serta ketinggian tempat kopi tersebut ditanam.

1. Kopi Aceh Gayo


Kopi Aceh Gayo yang berjenis arabika ini banyak tumbuh di dataran tinggi Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues. Salah satu kopi Aceh yang terkenal adalah kopi Ulee Kareng. Namanya diambil dari suatu tempat di Banda Aceh yang terkenal dengan kopinya.

Prosesnya cukup panjang. Biji kopi dimasak dalam oven sekitar 4 jam hingga mencapai kematangan 80 persen di oven. Setelah itu, biji kopi ditambahkan dengan gula.

Dikutip dalam CNN Indonesia, berdasarkan review internasional, kopi Gayo memiliki rasa yang unik dibandingkan jenis kopi arabika yang ada. Di samping dikenal dengan rasanya yang unik, enak, dan tidak terlalu pahit, baunya pun wangi. Kesempurnaan rasa dan aromanya itulah yang membuat kopi Gayo menjadi salah satu kopi terbaik dan termahal di dunia.

2. Kopi Toraja


Kopi Toraja berasal dari Sulawesi Selatan. Kopi Toraja tidak hanya dikenal di negeri sendiri tetapi juga mancanegara seperti Jepang dan Amerika. Kopi Toraja dianggap sebagai minuman premium, bahkan sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang bernama Key Coffee sejak tahun 2005.

Jadi salah satu jenis kopi terbaik, kopi Toraja memiliki dua varian yaitu arabika dan robusta. Keduanya memiliki sentuhan rasa kayu manis atau kapulaga.

3. Kopi Papua Wamena


Jenis kopi Indonesia terbaik salah satunya adalah Papua dari Wamena. Kopi ini memiliki rasa yang unik dengan aroma cokelat dan floral. Rasa asamnya sedang dan body medium.

Kopi Papua ini adalah jenis kopi arabika yang ditanam di Lembah Baliem pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kampung Tagulik Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya adalah salah satu nama daerah yang didominasi oleh petani kopi. Istimewanya, kopi ini ditanam menggunakan alat tradisional.

Sehingga kopi asal Papua ini ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida.

4. Kopi Kintamani Bali


Beda jenis kopi, beda juga karakteristiknya. Ciri khas dari kopi Kintamani, Bali adalah adanya rasa pahit sekaligus bercita rasa jeruk. Ini dihasilkan karena petani kopi di Kintamani bertetangga dengan kebun jeruk sehingga ada aftertaste segar dari kopi Kintamani.

Jenis kopi ini dikenal dengan origin coffee. Kopi ini sudah banyak tersedia di Jepang, Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya.

5. Kopi Flores Bajawa


Kopi Bajawa dari Flores ditanam di ketinggian 1.000-1.550 meter di atas permukaan laut (mdpl) di perkebunan yang berada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kopi Flores memiliki ciri khas rasa nutty atau kacang-kacangan serta karamel. Teksturnya kental dengan sensasi sedikit asam tapi masih aman di lambung.